Alquran Diturunkan Secara Bertahap, Ini Hikmahnya

29 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Alquran adalah kitab suci bagi umat Islam yang berisi pedoman dan juga petunjuk untuk kehidupan. Kitab suci ini diturunkan secara bertahap yang ternyata mengandung banyak sekali hikmah. Menurut ulama, diturunkannya alquran berlangsung dalam tiga tahap yaitu:

  1. Idzhar ke lauhul mahfudz atau turun sekaligus.
  2. Turun dari Lauhul mahfudz ke baitul izzah.
  3. Lalu dari baitul izzah turun ke Rasulullah.

Pada tahap ketiga, alquran yang diturunkan kepada Rasulullah pun tidak langsung diberikan seluruhnya melainkan berangsur-angsur. Ada riwayat yang menyebut bahwa turunnya alquran ini berlangsung selama 23 tahun, ada juga yang mengatakan 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Kisah Alquran Turun Secara Bertahap

Dibandingkan dengan kitab-kitab sebelumnya, alquran diturunkan secara bertahap. Oleh karena itu, kitab suci ini menjadi yang terbaik. Sebagaimana Syekh Abdul Qadir menyebutkan

أَنَّ اللهَ أَنْزَلَ الْكِتَابَ جُمْلَةً وَاحِدَةً وَأَنْزَلَ الْفُرْقَانَ مُتَفَرِّقًا. فَقِيْلَ أَيُّهُمَا أَحْسَنُ نُزُوْلًا؟ اَلْقُرْأَنُ أَحْسَنُ

Arti:

Sungguh, Allah menurunkan Kitab (sebelum Al-Qur’an) satu kali secara keseluruhan, dan menurunkan Al-Furqan (Al-Qur’an) secara terpisah. Maka, jika ditanyakan: di mana yang lebih baik turunnya? (Maka jawabannya) Al-Qur’an lebih baik.

Kemudian dilanjutkan,

لِأَنَّ اللهَ تَعَالَى لَمَّا أَنْزَلَ التَّوْرَاةَ جُمْلَةً وَاحِدَةُ فَقَبَلَهَا بَنُوْ اِسْرَائِيْلَ، فَعَمِلُوْا بِهَا قَلِيْلًا، فَثَقُلَتْ عَلَيْهِمْ تِلْكَ الْأَوَامِرُ وَالنَّوَاهِي فِي التَّوْرَاةِ. فَقَالُوْا سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا

Arti:

Karena sesungguhnya, ketika Allah ta’ala menurunkan Taurat secara langsung, maka Bani Israil menerimanya, kemudian sedikit mengamalkannya, dan sangat berat bagi mereka (mengerjakan) semua perintah dan larangan yang ada dalamnya. Kemudian mereka berkata, ‘Kami mendengarkan tetapi kami tidak menaati’.

Lalu dijelaskan juga bahwa,

وَأَمَّا الْفُرْقَانُ فَأَنْزَلَهُ اللهُ عَلَى التَّدْرِيْجِ مُتَفَرِّقًا، فَأَوَّلُ مَا أَمَرَ اللهُ المُؤْمِنِيْنَ بِقَوْلِهِ: لَااِلَهَ اِلَّا الله مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله وَضَمِنَ لَهُمْ اِذَا قَالُوْهَا الْجَنَّةَ فَسَمِعُوْا وَأَطَاعُوْا، ثُمَّ أَمَرَهُمْ بِاِقَامَةِ صَلَاتَيْنِ، رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ غُرُوْبِهَا، ثُمَّ أَمَرَهُمْ بِالصَّلَاةِ الْخَمْسِ

Arti:

Sedangkan Al-Qur’an, Allah menurunkannya secara berangsur-angsur dan terpisah, maka hal pertama yang Allah perintahkan kepada orang mukmin adalah perintah mengucapkan lâ ilâha illallâhu muhammadur rasûlullâh dan memberikan jaminan surga kepada mereka bila mengucapkannya. Karenanya mereka mendengarkan dan menaatinya. Kemudian Allah memerintahkan mereka dengan mengerjakan dua kali shalat, dua rakaat sebelum terbitnya matahari dan dua rakaat setelah terbenamnya matahari, kemudian memerintahkan mereka dengan shalat lima waktu.

BACA JUGA: Mengenal Tadabur, Cara Memaknai Dan Menyelami Makna Alquran

Hikmah Alquran Turun Secara Bertahap

Dilansir dari Islamic Center UAD, ada beberapa hikmah mengapa kitab suci umat Islam diturunkan secara bertahap yaitu:

  • Memberi keteguhan pada Rasulullah saat menghadapi orang kafir Quraisy atau siapa saja yang menentang dakwahnya.
  • Sebagai jawaban dan mukjizat dari pertanyaan atau problem yang diberikan pada Rasulullah dengan tujuan memojokkan. Misalnya tentang haid, hilal sampai alam ghoib.
  • Ayat-ayat yang diturunkan secara berangsur-angsur ini akan membuat umat islam menghayati serta mencerna dengan lebih baik. Selain itu, ayat-ayatNya juga jadi lebih mudah dihafalkan.
  • Menjadi bukti bahwa alquran adalah sebenar-benarnya wahyu dari Allah SWT, bukan rekayasa manusia apalagi Nabi.

Dengan mengetahui hikmah-hikmah di atas, sebaiknya sebagai umat islam makin memahami bahwa alquran memiliki keistimewaan bahkan sejak saat diturunkan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu membaca alquran dalam keadaan hidup seperti apapun. Tak perlu ada alasan untuk meninggalkannya, terlebih di teknologi yang makin canggih juga menyediakan kemudahan seperti alquran digital.

Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi MAQMUR yang sudah tersedia di Playstore.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021