Alasan Tak Mau Bersedekah, Semoga Tak Kamu Lakukan

26 August 2021

Sedekah adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Perilaku ini juga disebut sebagai salah satu cara untuk membuat rezeki semakin berkah. Sedekah secara sederhana juga dimaknai sebagai tindakan spontan dan sukarela yang tidak dibatasi waktu atau jumlah. Biasanya sedekah juga diartikan sebagai simbol kemurahan hati. Namun mengapa ada alasan tak mau bersedekah ya?

Dilansir dari Republika, An. Ubaedy dalam buku Hikmah Bersedekah menjelaskan setidaknya ada lima alasan mengapa seseorang enggan bersedekah. Di antaranya adalah:

  • Jiwa yang miskin

Yang dimaksudkan dengan jiwa yang miskin adalah perasaan takut akan menjadi miskin. Ini bisa dirasakan oleh mereka yang kaya, mampu juga yang miskin.

  • Jiwa yang rakus

Mereka yang memiliki jiwa rakus akan selalu merasa kurang dan kosong. Oleh karenanya, untuk bersedekahpun mereka enggan.

  • Memiliki pandangan hidup yang keliru

Pandangan atau filsafat hidup yang salah tentang memberi dan menerima bisa membuat seseorang tidak mau bersedekah. Yang diajarkan Nabi, hidup sebaiknya memberi atau tangan di atas.

  • Bergaya hidup hedon atau matre

Mereka yang hidup dengan gaya hedon atau matre biasanya tidak percaya bahwa ada kebaikan yang bisa didapat dengan bersedekah.

  • Tidak sadar atau lengah

Manusia sering kali lupa atau tidak sadar tentang adanya panggilan hati untuk menolong sesama. Diperlukan kesadaran diri untuk bisa melakukan panggilan hati.

BACA JUGA: Ayat Al-quran Yang Bisa Dibaca Sebagai Pengingat Diri

Balasan bagi yang tak mau bersedekah

Takut hartanya berkurang, masih merasa tidak memiliki rezeki lebih menjadi salah satu alasan mengapa orang tidak mau bersedekah. Padahal, sedekah tidak harus menunggu kaya pun tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Sangat merugi bagi mereka yang enggan bersedekah.

Pun ada balasan bagi mereka yang enggan bersedekah, sebagaimana tertulis dalam firman Allah berikut ini:

  • Surat al-Baqarah ayat 268, janji Allah yang akan terlewat jika termakan hasutan setan

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

  • Surat Ali Imran ayat 186, harta tak hanya menjadi nikmat tapi juga cobaan amanah

 “Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang menyekutukan Allah, gangguan yang banyak menyakitkan hati.

  • Surat Ali Imran ayat 180, bakhil pada harta akan menjerat di akhirat

Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya, kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Fitur islami terlengkap ada di aplikasi MAQMUR. Download di ponselmu!

Sedekah pada dasarnya memiliki hukum sunnah namun dalam ajaran islam sangatlah dianjurkan. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu punya harta berlimpah untuk bersedekah. Pun sebaiknya tak perlu takut harta akan berkurang hanya karena bersedekah.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021