Agar Shalat Tak Sia-Sia, Perhatikan Hal ini

24 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Ternyata rajin melakukan shalat saja tidak cukup loh. Terkadang kita melakukan hal yang akhirnya membuat shalat yang ditunaikan jadi sia-sia. Sayang sekali ya kalau begitu. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang penting dilakukan agar shalat tak sia-sia. Hal-hal ini seperti yang disampaikan oleh Syekh A’la Al Misri dilansir dari NU Online.

Apa saja ya hal-hal yang mesti diperhatikan oleh seorang muslim agar ibadah shalatnya tak sia-sia? Mari simak penjelasan berikut ini:

Husnunniyyah

Husnunniyyah memiliki arti menata hati dan niat shalat untuk mengharap ridha Allah saja. Sebab terkadang ada juga yang melakukan shalat dengan niat agar dianggap sebagai ahli ibadah atau demi mengejar pahala saja. Padahal tidak ada yang penting selain penilaian Allah dan ridhanya.

Takdhimul Maqam

Takdhimul maqam dapat dimaknai sebagai kesadaran sebagai hamba yang tidak memiliki kekuatan apa-apa. Yang dipunyai seorang hamba ini pun tak lain karena kehendak dan takdir yang diberikan oleh Allah. Dengan memiliki kesadaran ini maka kita sebagai hamba tidak akan memiliki kesombongan yang menyebabkan shalatnya sia-sia.

Yaqinul Maqal

Satu hal yang juga penting untuk membuat shalat tidak sia-sia adalah melakukan yaqinul maqal. Ini adalah sikap meyakini dan mendalami bacaan dalam shalat. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Sebab dengan inilah kita bisa mengakui bahwa hanya Allah yang Maha Besar. Semua bacaan sejak takbir hingga salam akan membuat kita senantiasa ingat padaNya.

Hudurul Qalbi

Hudurul qalbi diartikan sebagai menjaga ketawadhuan dan meniatkan segalanya di hadapan Allah SWT. Ini dapat diterapkan mulai dari ketika kita melakukan wudhu hingga selesai shalat. Dengan adanya niat dan tawadhu ini ,maka tak ada hal atau niat lain ketika melakukan shalat.

Setelah melakukan empat hal di atas, tentu kamu juga ingin mendapatkan shalat yang khusyu. Untuk meraihnya ternyata ada cara tersendiri. Dilansir dari Republika, berikut ini adalah cara yang disebutkan oleh Ustadz Arifin Ilham.

Menghadirkan Hati

Maksudnya adalah menyadari bahwa kamu sedang bermunajat dan berdiri di hadapan Allah secara langsung serta melakukan komunikasi tanpa adanya batas. Dengan hal ini, kamu akan yakin bahwa Allah akan senantiasa memperhatikan gerak-gerikmu saat shalat. Sehingga akan timbul perasaan takut atau tergetar karena kamu sedang berhadapan denganNya langsung.

Selain itu, Ustadz Arifin Ilham juga menyebutkan bahwa demi mendapatkan shalat yang khusyu kamu bisa mengibaratkan bahwa ibadah tersebut adalah shalat terakhirmu. Coba pikirkan, bagaimana jika setelah shalat ini kemudian Allah mencabut nyawamu? Atau bagaimana jika itu terjadi saat kita wudhu? Karenanya kita pasti ingin menyempurnakan sikap ketika beribadah bahkan saat wudhu sekalipun.

Subhanallah! Semoga dengan bacaan ini kita jadi terhindar dari shalat yang sia-sia dan tidak khusyu. Nah, agar selalu tepat waktu hadir di hadapanNya, kamu bisa menggunakan fitur Jadwal Sholat dan Pengingat dari MAQMUR loh. Ada pengingat shalat serta adzan dengan waktu akurat sesuai dengan lokasimu di seluruh Indonesia.

Ingin ibadah selalu lancar? Pakai bantuan aplikasi MAQMUR ya! Fitur islaminya bisa membantumu menyempurnakan ibadah. Download di Play Store sekarang juga.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021