Adakah Hukum Transfer Uang Melalui Bank Dalam Islam?

9 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Transfer uang baik sesama bank atau antar bank sekarang sudah menjadi kebutuhan yang biasa dan kerap dilakukan. Tujuannya pun beragam mulai dari untuk membayar tagihan, belanja online sampai mengirim uang ke keluarga atau lainnya. Karena kerap dilakukan, transfer uang sudah menjadi aktivitas yang wajar. Tapi pernah tidak kamu penasaran, ada tidak sih hukum transfer uang melalui bank dalam islam?

Melansir dari diskusi yang ada di situs Almanhaj, ada sebuah pertanyaan yang berkaitan tentang transfer uang melalui bank dan hukumnya. Dalam diskusi tersebut disebutkan si penanya merupakan pegawai di Turki yang bekerja di Arab. Sebagaimana negara lainnya, Turki juga memiliki bank yang digunakan untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi untuk transfer. Nah, si penanya kemudian menjelaskan bahwa dirinya memiliki kekhawatiran dalam menyimpan uang. Kemudian ia terpaksa menyimpan di bank.

Sama halnya juga dengan perkara transfer uang. Ia merasa terpaksa mentransfer uang untuk keluarganya di Turki melalui jasa bank dimana terdapat bunga. Ia kemudian bertanya, apakah boleh menyimpan uang di bank untuk alasan tersebut?

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullan bin Baz melalui Almanhaj kemudian menjawab, jika memang keadaannya adalah terpaksa maka tidak masalah. Insya Allah. Ia juga menjelaskan sebuah firman Allah dimana dikatakan:

Sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkanNya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya..

Al-An’am/6 : 119

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa transfer uang melalui bank termasuk dalam kedaruratan umum di masa sekarang ini. Bunga dari bank tersebut bisa diambil atau tidak. Pun jika diambil juga boleh dipakai untuk kebutuhan seperti membantu fakir miskin atau menolong orang yang membutuhkan. Asal tidak untuk dimiliki dan dipakai sendiri.

Bagaimana Dengan Hukum Melakukan Transfer Antar Bank Tanpa Biaya?

Dikutip dari Republika, Dr Oni Sahroni, Anggota Dewa Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia menyebutkan bahwa tidak ada larangan fikih untuk mentransfer dana di rekening lain ke rekening tujuan. Meskipun transaksi tersebut dilakukan tanpa biaya tambahan. Kemudian dijelaskan bahwa transaksi tersebut diperbolehkan karena tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Perusahaan hanya menyediakan dana di rekening lain untuk ditransfer ke rekening tujuan.

Menggunakan pihak lain untuk pengiriman uang juga diperbolehkan memakai skema wakalah, dengan atau tanpa biaya tambahan. Oni sahroni juga menyebutkan bahwa pendapat ulama Hanafiyah yang membolehkan tersebut itu pendapat yang lebih maslahat dan memudahkan, termasuk transaksi jasa transfer tak berbiaya karena produk ini membuka potensi bisnis bagi para pelaku usaha dan memudahkan para pengguna.

Pun hal ini juga termasuk memudahkan perkata sebagaimana hadits Rasulullah

Jika ada dua pilihan hukum maka Rasulullah SAW memilih hukum yang memudahkan, selama pilihan tersebut bukan dosa.

HR Bukhari

MAQMUR Transfer

Salah satu fitur andalan pada aplikasi MAQMUR adalah Maqmur Transfer. Ini adalah layanan yang memberikan kamu kemudahan untuk melakukan transfer antar bank di Indonesia tanpa biaya. Tidak perlu khawatir karena Maqmur Transfer bekerja sama dengan PT Inklusi Keuangan Nusantara yang sudah memiliki lisensi Transfer Dana dari Bank Indonesia dengan nomor izin 21/253/Bd/8 yang dikeluarkan pada 14 Agustus 2019. Untuk keamanan uang pengguna, seluruh perpindahan uang terjadi di dalam sistem bank, sehingga uang kamu akan aman.

Maqmur Transfer bekerja sebagai jembatan transaksi antar bank. Jadi kamu perlu melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Maqmur bank pengirim (BRI, BNI, BCA dan Mandiri), kemudian uang kamu akan dikirimkan ke rekening bank tujuan. 

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021