7 Perkara Yang Dapat Dialami Orang Kikir

2 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Dari sekian sifat yang dilarang oleh Allah SWT, kikir termasuk salah satu yang juga merupakan penyakit hati. Kikir atau juga disebut bakhil adalah sifat dimana seseorang berperilaku rakus terhadap apa yang dipunyai oleh orang lain. Sifat ini juga termasuk dalam kemaksiatan hati yang dapat merusak hidup manusia. Ya, orang kikir dapat mengalami berbagai perkara yang merugikan.

Syekh Nawawi al-Bantani menyebutkan bahwa ada 7 kerugian yang bakal dialami oleh mereka yang bersifat pelit. Ia juga menyebutkan bahwa Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiw pernah berkata,

Orang yang bakhil (orang yang mencegah hartanya sendiri untuk bersedekah) tidak akan lepas dari salah satu tujuh perkara (yang membinasakan ini).

Apa sajakah itu?

Hartanya Akan Habis Untuk Hal Yang Tidak Diperintahkan Oleh Allah

Saat meninggal nanti, harta dari orang bakhil atau kikir ini akan dihabiskan oleh pewarisnya. Sayangnya, harta tersebut tidak digunakan untuk hal yang berguna melainkan justru untuk hal-hal yang tidak diperintahkan oleh Allah.

Akan Dirampas Hartanya Oleh Penguasa Dzalim

Disebutkan juga bahwa Allah akan membangkitkan penguasa dzalim yang mana akan merampas harta orang kikir tersebut. Selain itu, ia juga akan dibuat terhina dengan siksaan oleh penguasa tersebut.

Hartanya Hancur Karena Syahwatnya Sendiri

Setiap manusia tentu memiliki syahwat, sebuah keinginan dari dalam diri untuk meraih sesuatu. Namun tidak semua keinginan mesti dilakukan atau dicapai, bukan? Inilah yang tidak dimiliki oleh orang kikir. Allah akan membuat syahwat menguasai mereka hingga hartanya hancur karenanya.

Habis Harta Karena Bangunan Yang Didirikan Dengan Ceroboh

Harta orang kikir juga akan habis karena bangunan yang mereka dirikan. Bagaimana bisa? Pada orang kikir akan timbul inisiatif untuk membuat bangunan di tempat yang rawan bencana. Suatu ketika, bangunan ini akan hancur dan membuat hartanya habis.

Tertimpa Salah Satu Musibah Dunia

Ternyata, orang kikir juga akan tertimpa salah satu musibah dunia. Apakah itu? Di antaranya adalah peristiwa tenggelam, kebakaran, pencurian atau yang serupa dengan hal-hal tersebut.

Menderita Penyakit Kronis Yang Membutuhkan Banyak Biaya

Habisnya harta orang yang kikir juga akan disebabkan oleh penyakit kronis yang nanti dideritanya. Sebanyak apapun harta yang dimiliki, kiranya akan habis untuk mengobati penyakit yang diderita.

Lupa Akan Harta Yang Disembunyikan

Karena cenderung bersifat kikir, orang tersebut akan menyembunyikan hartanya di suatu tempat. Dimana Allah akan membuatnya lupa dan tidak bisa menemukannya kembali. Atau dirinya akan meninggal dunia terlebih dahulu tanpa sempat mengambil atau memberitahu orang lain tentang tempat tersebut.

Itu dia 7 perkara yang akan menimpa orang dengan sifat kikir. Semoga kita dijauhkan dengan sifat dan perkara tersebut ya. Nah, salah satu cara agar tak memiliki sifat kikir adalah dengan makin mendekatkan diri kepada Allah. Mengingat bahwa semua yang dimiliki akan kembali kepadaNya.

Kamu bisa membaca ayat-ayat alquran di aplikasi Maqmur yang telah lengkap dengan maknanya. Dimana dengan membaca makna alquran kamu bisa makin memahami apa saja sifat yang disenangi dan tidak oleh Allah. Sehingga kamu terhindar dari sifat kikir atau bakhil.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021