7 Manfaat Silaturahmi, Umat Islam Perlu Tahu

7 May 2021

Momen lebaran selalu identik dengan silaturahmi, baik dengan keluarga atau dengan orang-orang terdekat lainnya. Silaturahmi berasal dari dua kata yaitu Sillah yang berarti hubungan, dan rahim yang berarti kasih sayang. Karena itu silaturahmi atau silaturahim bisa diartikan sebagai hubungan kasih sayang karena kekeluargaan. Apa manfaat silaturahmi?

Dalam bahasa Indonesia, silaturahmi juga memiliki arti sebagai tali persahabatan dan persaudaraan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersilaturahmi, bisa dengan sekadar bertemu hingga kegiatan akrab lainnya. Nah saat lebaran, silaturahmi biasanya dilakukan dengan cara berkunjung ke tempat-tempat orang terdekat sembari meminta maaf dalam rangka hari raya idul fitri. Mengapa silaturahmi jadi begitu penting? Ternyata ada manfaat silaturahmi yang perlu umat Islam ketahui, yaitu :

Diluaskan rejeki dan dipanjangkan umurnya

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim). Dari hadits ini kita bisa mengetahui bahwa silaturahmi tidak hanya bisa menjaga keharmonisan dalam hubungan sosial sesama manusia, baik dengan keluarga atau bukan. Manfaatnya bahkan bisa membuat rejeki makin lapang dan panjang umur.

Makin dekat dengan Allah SWT

Tahu tidak bahwa Allah SWT memerintahkan umatNya untuk selalu menjaga silaturahmi? Hal ini seperti yang disebut dalam sabda Rasulullah yaitu, “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” – (Hadis Riwayat Ahmad). Sebab itu, hendaknya kita sebagai umat Islam mengerjakan perintahNya demi tercapainya tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mendapatkan dua pahala

Rasulullah pernah bersabda, “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi).  Ini berarti ketika kamu menjaga silaturahmi terhadap keluarga, kamu akan mendapatkan dua pahala yakni pahala karena bersedekah dan pahala bersilaturahmi.

Mendapatkan kunci surga

Siapa sih yang tak ingin masuk surga? Karena inilah umat Islam tak henti-henti melakukan amalan baik. Salah satu yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan ganjaran surga adalah dengan bersilaturahmi. Manfaat silaturahmi ini dituangkan dalam hadits riwayat, “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA : Amalan Bulan Ramadhan Bersifat Sunnah yang Bisa Dilakukan

Bukti keimanan terhadap Allah SWT

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan umat Islam untuk menunjukkan keimanannya terhadap Allah SWT. Beriman berarti percaya dengan hati, terucapkan oleh lisan dan terbuktikan dengan amal perbuatan. Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kamu adalah umat yang beriman yakni dengan bersilaturahmi. Hal ini seiring dengan hadits, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (Abu Hurairah ra)

Penggugur dosa

Setiap manusia pastinya tak luput dari kesalahan, namun bukan berarti kesalahan atau dosa tersebut tak bisa gugur. Untuk menebus kesalahan atau mengurangi dosa, seseorang bisa melakukan amalan baik. Salah satunya adalah silaturahmi. Tentang manfaat silaturahmi yang satu ini sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah riwayat, “Tidaklah dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud no. 5212 dan at-Tirmidzi no. 272, dishahihkan oleh al-Albani).

Menjadikan sebagai makhluk mulia

Siapa yang tak ingin bernilai mulia di hadapan Allah SWT? Ternyata silaturahmi bisa menjadi salah satu caranya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu.” Karena itu sebaiknya kita benar-benar jaga silaturahmi dengan sesama.

Silaturahmi tak selalu harus menunggu momen lebaran tiba. Ini bisa dilakukan kapan saja dan dengan cara apapun. Bertegur sapa, menanyakan kabar, mengirimkan makanan kesukaan atau sekadar mengobrol juga bisa digunakan untuk tetap menjaga tali silaturahmi. Yang terpenting, semua hal itu diniatkan dengan ikhlas dengan tujuan menjaga keharmonisan dalam hidup bersosial.

Download Aplikasi MAQMUR Di Sini

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021