6 Ayat Tentang Riba, Tertulis Lengkap Dalam Al-quran

27 July 2021

Dalam agama Islam, riba dianggap sebagai doa yang sudah sepatutnya dihindari. Hal ini juga pernah disabdakan oleh Rasulullah, “Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang mencelakakan.” Kemudian para sahabat bertanya, “Apa saja ya Rasulullah?” “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh nyawa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harga anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh zina.” Selain itu, tertulis dengan jelas dan lengkap pula dalam al-quran mengenai ayat tentang riba.

Dalam tulisan kali ini, kami akan menyebutkan ayat-ayat dalam alquran yang menuliskan tentang riba. Semoga dengan ini, pemahamanmu tentang riba dan hukumnya bisa bertambah.

  • Surat Ali Imron ayat 130

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Pelihara lah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.

  • Surat Ar-Rum ayat 39

Dan, sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

  • Surat An-Nisa ayat 160-161

Maka disebabkan kedhaliman orang Yahudi, maka kami haramkan atas mereka (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) dihalalkan bagi mereka. Dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Dan Kami telah menjadikan untuk orang-orang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Surat Al-Baqarah Ayat 275

Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya Iarangan dari Tuhannya, laIu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang Iarangan) dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka mereka kekaI di dalamnya

  • Surat Al-Baqarah ayat 278

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang beIum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman

  • Surat Al-Baqarah ayat 279

Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu.

Hal-hal merugikan yang bisa menimpa seorang karena riba

Dalam ayat tentang riba di atas sebenarnya sudah jelas bahwa riba merupakan sebuah dosa yang sebaiknya tidak dilakukan. Namun untuk memahami lebih lanjut, mungkin kamu perlu tahu bahwa ada hal-hal merugikan yang bisa menimpa seseorang karena melakukan riba. Hal tersebut adalah :

  • Mendapatkan dosa besar

Riba ternyata termasuk dalam salah satu dosa besar yang ditetapkan oleh Rasulullah. Sebagaimana sabdanya tentang tujuh hal yang mencelakakan, yaitu “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh nyawa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh zina.”

  • Diperangi oleh Allah SWT

Dalam surat Al-Baqarah ayat 278 hingga 279 disebutkan bahwa mereka yang mengerjakan riba akan diperangi oleh Rasulullah dan Allah SWT. Tentu kamu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

  • Dilaknat oleh Rasulullah SAW

Semua orang yang terlibat dalam riba kedudukannya sama yaitu sama-sama mendapatkan laknat oleh Rasulullah SAW. Dalam sabdanya disebutkan, Dari Jabir bin Abdullah berkata, ”Rasulullah SAW melaknat pemakan riba, yang memberi, yang mencatat dan dua saksinya. Beliau bersabda : “Mereka semua sama.”

  • Dosanya sama seperti menikahi ibu sendiri

Seberapa besar dosa melakukan riba? Ternyata berdasarkan sabda Rasulullah, sama besarnya seperti dosa menikahi ibu sendiri. Dari Abdullah bin Masud RA, Rasulullah SAW bersabda, “Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri.” 

  • Sama seperti dosa 36 perempuan pezina

Tak hanya itu saja, bahkan dalam sabda Rasulullah menyebutkan bahwa besar dosa riba sama dengan dosa 36 perempuan pezina. Dari Abdullah bin Hanzhalah ghasilul malaikah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan sadar, jauh lebih dahsyat dari pada 36 wanita pezina.” 

BACA JUGA : Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021