3 Inspirasi Kajian Ramadhan yang Menyejukkan Hati

23 April 2021

Kajian ramadhan menjadi salah satu agenda yang sering muncul di bulan suci. Kajian ini biasanya berisi ceramah yang dilakukan di beberapa waktu seperti setelah sholat subuh atau waktu imsak, sebelum berbuka puasa dan setelah sholat tarawih. Biasanya pada ceramah ini, penceramah atau pemateri akan memberikan tema-tema yang relevan dan sesuai dengan kondisi yang ada. Misalnya, ketika mendekati 10 hari terakhir ramadhan maka biasanya isi ceramah akan berhubungan dengan malam lailatul qadar. 

Dalam memilih tema kajian ramadhan, bisa disesuaikan dengan kondisi, waktu dan juga siapa yang menjadi pendengar kajian. Jika kamu sedang mencari tema untuk kajian ramadhan atau ingin menambah ilmu dan pengetahuan sepanjang ramadhan, berikut ini beberapa tema kajian ramadhan yang bisa kamu pertimbangkan. 

Tentang kesabaran di masa pandemi

Dalam hidup, setiap manusia pasti akan dihadapkan dengan ujian dan juga musibah meski juga diberkahi anugerah serta rejeki. Seperti yang terjadi dua tahun belakangan ini, pandemi COVID-19 membuat sebagian besar orang terpuruk. Ada yang kehilangan anggota keluarga, ada juga yang kehilangan mata pencaharian. Di masa seperti ini, memiliki kesabaran adalah salah satu kunci untuk bertahan. 

Beberapa hadits tentang kesabaran mungkin akan kamu perlukan jika kamu ingin mengulik tentang tema ini pada kajian. Yang pertama adalah tentang sabar dan memohon pertolongan dari Allah SWT yang tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 45,“Dan mohonlah pertolongan terhadap Allah SWT dengan sabar dan sholat.” Di surat yang sama pada ayat 177, dijelaskan juga tentang Allah SWT menyukai serta memuji mereka yang bisa bersabar. FirmanNya , “Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa“. 

Tentang Ramadhan yang mampu bersihkan hati

Setiap manusia tentu tak luput dari yang namanya penyakit hati. Padahal demi mendapatkan selamat di dunia dan akhirat, penyakit atau keburukan hati sebaiknya dihindari. Dalam kajian Ramadhan kamu bisa membawa tema ini. Ada beberapa penyakit hati yang bisa dibersihkan selama Ramadhan seperti dengki, pamer dan sombong. 

Misalnya, kamu bisa membawa tema tentang riya atau pamer. Ada sebuah ayat yang bisa mendampingi kajianmu ini yaitu surat Al-Baqarah ayat 264, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” 

Tentang istimewanya bersedekah ketika puasa

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam mana yang tak ingin mendapatkan ganjaran berlipat? Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan bersedekah. Tahukah kamu kalau bersedekah itu memiliki banyak keutamaan atau manfaat? Di antaranya adalah mampu membebaskanmu dari siksa kubur seperti yang tercantum dalam sabda Rasulullah “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani). 

Selain itu, sedekah juga bisa menjauhkanmu dari api neraka sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Selain itu bersedekah juga akan membuatmu berlimpah pahala, terlebih di bulan Ramadhan. Ingin membuat orang terinspirasi untuk rajin bersedekah, beri tahu tentang sabda Rasulullah yang satu ini, “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya melekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari).

Memberikan kajian Ramadhan juga akan membuatmu mendapatkan pahala karena telah membagikan kebaikan untuk sesama. Beberapa tema kajian ramadhan di atas bisa kamu pertimbangkan dan dengarkan selama bulan suci. Tujuannya untuk memperkuat iman dan ketakwaan untuk beribadah hanya demi Allah. Semoga menginspirasi ya.

Fitur Islami Terlengkap Bisa Didapatkan di Aplikasi MAQMUR

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021