1 Ramadan

30 April 2021

Ramadan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Islam. Pada bulan ini, seluruh umat Muslim diwajibkan berpuasa yang merupakan salah satu dari lima rukun islam. Seluruh pahala di bulan Ramadan akan diganjar berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT. Maka itulah, seluruh umat Muslim berlomba melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya.

Penentuan 1 Ramadan

Di Indonesia sendiri, keputusan tanggal 1 Ramadhan mengikuti pemerintah. Biasanya dilakukan sidang Isbat terlebih dahulu berdasarkan rukyat hilal (Bulan sabit muda tipis) dan mempertimbangkan perhitungan hisab. 

Metode penentuan Ramadan menggunakan rukyat Hilal sangat penting karena berdasarkan kepada sabda Nabi Muhammad SAW:

Berpuasalah (dan berhari raya) karena melihat hilal. Jika tidak terlihat, maka genapkanlah.

Keutamaan bulan Ramadhan

Selain memberikan kesempatan untuk umat Muslim berpuasa, bulan Ramadan juga memiliki begitu banyak keistimewaan lainnya. Berikut keistimewaan tersebut:

Bulan penghapus dosa

Berbahagialah untuk kamu yang berpuasa dan melakukan shalat tarawih di bulan Ramadan. Karena, Allah SWT telah berjanji akan menghapus dosa-dosamu yang telah lalu. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

HR. Bukhari dan Muslim

Adanya malam Lailatul Qadr

Inilah malam yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, yaitu malam Lailatul Qadr. Di mana malam ini selalu disebut lebih baik dari 1000 bulan. Kepastian waktu Lailatul Qadr tidak diketahui oleh manusia, namun menurut berbagai sumber, Lailatul Qadr dapat ditemukan pada malam-malam terakhir ganjil di bulan Ramadan.

Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Ramadan menjadi bulan diturunkannya Al-qur’an. Seperti yang tertulis di dalam surah Al-Baqarah ayat 185, 

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)

Hal ini jelas menggambarkan betapa istimewanya Ramadan untuk para umat Muslim. 

Orang yang diizinkan tidak berpuasa

Orang yang sakit

Bagi orang yang sakit dan tidak mampu melakukan ibadah puasa, boleh baginya meninggalkan puasa, asalkan menggantinya di hari lain setelah bulan Ramadan.

Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

QS. Al-Baqarah ayat 185

Musafir

Musafir atau dalam bahasa Indonesia berarti “orang yang sedang dalam perjalanan” diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Namun, jika ia mampu melaksanakan puasa, tentulah itu lebih baik. Sama seperti orang yang sakit, musafir juga diharuskan mengganti puasa yang ia tinggalkan setelah Ramadan. 

Kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka ada yang tetap berpuasa dan ada yang tidak berpuasa. Namun mereka tidak saling mencela satu dan lainnya.

HR. Muslim

Orang yang sudah tua renta

Hal ini dikhususkan kepada orang tua renta yang sudah sakit-sakitan dan jika menjalankan ibadah puasa memberatkannya. Namun, ia harus mengganti puasanya dengan membayar fidyah atau memberi makan orang-orang miskin.

Dan orang-orang yang tidak mampu melakukannya maka mereka harus mengeluarkan fidyah dengan memberi makan orang-orang miskin.

QS. Al Baqarah ayat 184

Wanita yang hamil dan menyusui atau sedang haid maupun nifas

Bagi wanita hamil atau menyusui yang tidak kuat berpuasa, diperbolehkan untuk meninggalkan puasa Ramadan. Namun, diharuskan mengganti puasanya di lain hari dan membayar fidyah. 

Sedangkan untuk wanita yang sedang haid dan nifas, tidak perlu membayar fidyah, cukup mengganti puasanya setelah bulan Ramadan saja. 

Tradisi menyambut Ramadan di Indonesia

Bukan hanya Idul Fitri saja yang disambut dengan meriah, namun juga Ramadan. Seperti misalnya di Klaten dan Boyolali, masyarakat melakukan tradisi Padusan, atau mandi di sumur mata air yang keramat. Hal ini dilakukan agar ketika berpuasa, masyarakat bersih lahir dan batin.

Sedangkan di Semarang, masyarakat melaksanakan Dugderan atau festival menabuh beduk. Tidak berbeda jauh dengan di Malang, masyarakat biasanya menggelar festival perkusi untuk melestarikan budaya. 

Bisnis yang menjamur di bulan Ramadan

Bisnis takjil atau kue lebaran

Tidak jauh-jauh, makanan pasti selalu menjadi potensi bisnis yang paling besar. Apalagi di bulan Ramadan, masyarakat terbiasa dengan mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka. 

Ketika mendekati Idul Fitri, berjualan kue lebaran seperti nastar, putri salju, atau kue sagu adalah pilihan yang tepat. Dikarenakan kebanyakan orang merasa kesulitan jika harus membuat kue, maka membeli jadi opsi yang paling mudah. 

Bisnis baju lebaran

Rasanya merayakan Idul Fitri tanpa baju baru belumlah lengkap. Banyak pebisnis yang memutuskan untuk berjualan baru lebaran di kala Ramadan. Selain itu, merk ternama biasanya ikut meramaikan Ramadan dengan meluncurkan koleksi khusus lebaran. 

Bisnis hampers

Memberikan hampers kepada kerabat, saudara, atau rekan kerja merupakan tradisi yang telah lama ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang atau pun penghormatan. Biasanya hampers bisa diisi dengan kue kering, pakaian, atau bahkan aksesoris.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa Pengingat Shalat, Alquran Digital, Penunjuk Arah Qiblat, dan Jurnal Ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR. Download sekarang di Google Play.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021