Pusat Bantuan

Zakat

Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur sesuai aturan agama untuk diberikan kepada delapan golongan sesuai tuntunan QS. At-Taubah ayat 60.

Muzakki adalah sebutan bagi orang yang menunaikan zakat sedangkan Mustahik adalah sebutan bagi orang yang menerima zakat.

Masih butuh bantuan ?

Syarat wajib zakat adalah muslim, berakal, merdeka dan mencapai nisab serta haul.


Masih butuh bantuan ?

Kalkulator zakat adalah sebuah layanan untuk mempermudah Muzakki dalam menghitung jumlah harta yang wajib dikeluarkan zakatnya.


Masih butuh bantuan ?

Bukti bayar zakat adalah bukti pembayaran yang berhak diterima Muzakki setelah melakukan pembayaran zakat. Bukti bayar zakat ini akan dikirimkan melalui email langsung oleh lembaga amil yang dipilih oleh Muzakki.

Bukti bayar zakat akan diterima secara langsung oleh muzakki melalui email dan SMS dari lembaga zakat yang saat ini dilayani oleh Dompet Dhuafa. Muzakki juga bisa mendapatkan detail dokumen bukti bayar zakat yang dapat digunakan sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak (PKP) dengan mengaktifkan toggle “Saya ingin memperoleh bukti setor zakat”. Lembaga zakat akan menerbitkan bukti resmi paling lambat 3×24 jam setelah zakat ditunaikan.

Untuk keterangan dan informasi atas aktivitas dan program Layanan Zakat Dompet Dhuafa, dapat menghubungi Customer Care Donatur Dompet Dhuafa melalui layanan email : layandonatur@dompetdhuafa.org ; telepon : 021 2787 4080 atau WA : 0811-1544-4888.


Masih butuh bantuan ?

Zakat didistribusikan sesuai ketentuan dari lembaga amil untuk program-program tertentu seperti bidang Sosial, Ekonomi, Dakwah dan Advokasi.


Masih butuh bantuan ?

“Online itu hanya transportasi kilat (cara bayar yang lebih cepat) dari muzakki kepada mustahik atau melalui amil. Selama tidak lupa mengucapkan niat zakat dalam hati, maka zakat itu dianggap sah”

Ust. Zul Ashfi, S.S.I, LC (Dompet Dhuafa)


Masih butuh bantuan ?

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. Syaratnya adalah beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.


Masih butuh bantuan ?

Para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi. Nominal ini ditentukan oleh lembaga penyalur zakat.

Baznas: Rp40.000,- per jiwa
Dompet Dhuafa: Rp 50.000,- per jiwa


Masih butuh bantuan ?

Maqmur bekerjasama dengan lembaga zakat terpercaya seperti Baznas dan Dompet Dhuafa. Kedua lembaga tersebut akan menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk beras kepada mustahik, termasuk keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19.

Zakat Fitrah ditunaikan sejak awal Ramadhan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Sementara itu, penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat) paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.


Masih butuh bantuan ?

Zakat Profesi adalah bagian dari zakat mal yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari pendapatan / penghasilan rutin dari pekerjaan yang tidak melanggar syariat.  Zakat profesi atau juga dikenal sebagai zakat penghasilan ini mempunyai dasar hukum yang kuat yaitu dalam surat Al Baqarah ayat 267 dan surat At Taubah ayat 103.

Nishab zakat penghasilan sebesar 85 gram emas per tahun. Kadar zakat yang harus ditunaikan adalah 2.5%


Masih butuh bantuan ?

Perhitungan zakat profesi adalah (jumlah penghasilan dalam 1 bulan – utang) x 2.5%. Kamu juga dapat memanfaatkan fitu kalkulator zakat untuk menghitung jumlah zakat profesi yang wajib kamu tunaikan (jika telah memenuhi nishab) per bulan-nya pada Fitur Zakat di aplikasi Maqmur


Masih butuh bantuan ?

Saat ini, Maqmur bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai lembaga resmi penerima dan penyalur zakat. Zakat akan didistribusikan sesuai ketentuan dari lembaga amil untuk program-program tertentu seperti bidang Sosial, Ekonomi, Dakwah dan Advokasi.


Masih butuh bantuan ?