Pusat Bantuan

Jadwal Sholat

Jadwal sholat pada Maqmur akurat berdasarkan lokasi yang terdeteksi pada perangkat/handphone yang kamu gunakan. Kami menggunakan sumber API dari sholat.info yang mengambil data jadwal sholat dari Kementerian Agama RI sampai dengan tingkat kelurahan di seluruh wilayah di Indonesia.


Masih butuh bantuan ?

Apabila azan tidak berbunyi, yang sebaiknya kamu lakukan adalah:

1. Periksa mode hp-mu. Pastikan perangkatmu tidak sedang dalam mode “Diam/Silent” atau “Jangan Ganggu/Do Not Disturb”.

2. Pastikan Pengaturan azan telah diatur dengan benar. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengaturnya :

  • Masuk ke fitur “salat”
  • Klik icon disebelah kanan waktu salat untuk mengatur notifikasi.
  • Pastikan kamu memilih “Azan berkumandang dan notifikasi”

3. Periksa volume notifikasi pada hp-mu, terdapat 3 mode volume di hp (notifikasi, media, alarm), pastikan volume notifikasi tidak dalam mode senyap.

4. Pastikan perangkatmu telah memperbolehkan notifikasi Maqmur muncul (Munculkan Notifikasi/Show Notifications). Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengaturnya pada handphone/perangkat yang kamu gunakan :

  • Pilih Pengaturan > Aplikasi > Maqmur
  • Aktifkan/pilih/centang “Munculkan Notifikasi/Show Notifications” untuk seluruh fitur

5. Pada beberapa brand/merek HP, ada kebijakan khusus mengenai notifikasi hp yang berkaitan dengan mode hemat baterai. Mode hemat baterai atau mode Daylight Saving Time dapat mempengaruhi notifikasi dan sering mengakibatkan notifikasi tidak di tampilan atau ditampilkan namun tertunda. Pastikan untuk mematikan mode Daylight Saving Time di perangkat anda untuk memastikan notifikasi Adzan diterima tepat waktu.


Masih butuh bantuan ?

Jika kamu sebelumnya menggunakan fitur kiblat pada Maqmur, kemudian melakukan perjalanan/berpindah tempat, mungkin saja kiblat pada Maqmur masih menyimpan data arah kiblat dari lokasi sebelumnya. Agar arah kiblat yang kamu gunakan pada lokasi baru lebih akurat, kamu perlu melakukan kalibrasi pada fitur Kiblat di aplikasi Maqmur.

Pada V.1.4.3., kamu sudah bisa melakukan kalibrasi dengan cara memilih “Kalibrasi Kompas” dan ikuti instruksi untuk membuat pola berbentuk delapan sebanyak 3 kali. Sistem akan membaca hasil kalibrasi yang kamu lakukan dan kini kiblat yang kamu gunakan sudah terkalibrasi dengan baik dan siap digunakan. Pastikan untuk menempatkan handphone secara horizontal untuk membaca kiblat, ya.


Masih butuh bantuan ?

Pada Versi 1.4.3. Maqmur telah menyempurnakan pengaturan azan dengan memberikan pilihan “Notifikasi di dalam aplikasi”. Pengaturan ini diberikan guna menjawab beberapa problem yang sebelumnya terkait azan yang tidak berbunyi (karena tertimpa dari notif aplikasi lain) atau azan tidak penuh karena terpotong dari notif aplikasi lain.

Dengan mengaktifkan pengaturan “Notifikasi di dalam aplikasi” kamu dapat mendengarkan azan secara penuh tanpa terganggu notifikasi yang masuk dari aplikasi lain di handphone-mu. Sebelum menggunakannya, silakan lakukan “Tes Azan” di bagian pengaturan untuk dapat merasakan pengalaman penggunaan fiturnya, terutama untuk mengetahui bagaimana cara mematikan azan.


Masih butuh bantuan ?

Pengaturan “Notifikasi di dalam aplikasi” berbeda dengan bentuk notifikasi sebelumnya, yakni “Notifikasi sederhana”. Kamu akan mendapatkan pengalaman mendengarkan Azan secara penuh tanpa terganggu dari notifikasi lain pada handphone-mu dengan mengaktifkan pengaturan “Notifikasi di dalam aplikasi”. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  1. Pastikan kamu telah mencoba fitur ini untuk mendapat gambaran fiturnya melalui Pengaturan “Tez Azan”. Caranya, masuk ke fitur “Salat”, pilih icon “Pengaturan Salat” pada bagian kanan atas. Pilih “Tes Azan” dan pilih “Test saat dalam aplikasi”
  2. Azan tidak dapat dimatikan dengan cara sederhana sebelumnya, seperti menggulirkan push notification, melainkan kamu perlu masuk ke aplikasi Maqmur terlebih dahulu untuk mematikan azan. Azan akan berhenti berkumandang 3-5 detik setelah kamu tekan tombol matikan di in App notif.
bentuk In App Notif pada pengaturan “Notifikasi di dalam aplikasi”

3. Jika, kamu dalam keadaan terdesak, atau sulit masuk ke dalam aplikasi Maqmur untuk mematikan Azan, kamu bisa menurunkan volume device secara langsung dengan menekan tombol volume down pada handphone yang kamu gunakan. Hal ini hanya merupakan cara cepat untuk menurunkan volume Azan, apabila kamu dalam keadaan terdesak.

Semoga membantu, ya! 🙂


Masih butuh bantuan ?

Kini, kamu bisa mengatur jadwal azan yang berbeda-beda untuk setiap jadwal sholat. Maqmur menyediakan 3-6 pilihan azan yang dapat kamu atur sesuai kengininan kamu pada versi terbaru V.1.4.3. Beberapa pilihan variasi Azan yang tersedia mulai dari suara notf sederhana, takbir, tipe azan mekah, madinah, masjidil haram dan masjid al-aqsa. Yuk, coba variasi Azan Maqmur sekarang juga 🙂


Masih butuh bantuan ?