Home » Alquran Digital

Alquran Digital

Tahukah kamu bahwa surat Al- Qur’an yang paling pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq? Surat ini terdiri dari 19 ayat dan berisi tentang firman Allah SWT untuk membaca. Pada ayat pertama, iqra` bismi rabbikallażī khalaq memiliki arti Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan. Pada ayat ketiga, iqra` wa rabbukal-akram berarti Bacalah dan Tuhanmu Yang Maha Mulia. Sangat jelas perintah Allah SWT melalui surat Al-Alaq untuk membaca Al-Quran. 

Ada beberapa pendapat tentang membaca Al-Quran. Ada yang menyebutnya bersifat sunnah, ada juga yang berpendapat sifatnya wajib. Untuk memutuskannya, mari baca terlebih dahulu beberapa penggalan ayat. Pada surat Al-Kahfi ayat 27 disebutkan, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhanmu (Al-Qur’an)”. Sebagaimana pada surat al-Ankabut ayat 45 juga disebutkan, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an).” Maka boleh disimpulkan bahwa membaca Al-qur’an disyariatkan sebagai hak yang dilakukan oleh umat Islam. Pun dilakukan atas firman Allah SWT. 

Hukum Membaca Al quran Digital

membaca al quran digital

Pertanyaannya kini, bagaimana jika membaca al quran digital? Mengingat, sekarang ini sudah tersedia aplikasi yang menyediakan al quran digital seperti Maqmur. Menurut KH Maman Imanul Haq, Ketua Lembaga Dakwah PBNU dikutip dari CNN Indonesia, tidak ada hukum yang melarang membaca Al quran digital atau dari ponsel. Ia juga menyebutkan bahwa adanya teknologi seperti Al-qur’an digital justru memudahkan. Umat Islam jadi bisa membaca dimana saja dan kapan saja. 

Lantas, apakah harus wudhu meski hanya membaca al quran digital dari ponsel? Ia menyebutkan bahwa tidak ada hukumnya juga untuk seseorang yang ingin membaca al quran digital harus wudhu terlebih dahulu. Ia mengatakan bahkan wanita yang sedang berhalangan seperti haid atau nifas bahkan bisa membaca atau mendengarkan Al-quran dari ponsel. “Agama dengan teknologi akan menjadi kekuatan membersihkan rohani, teknologi dengan agama akan menerangi dunia ini ke arah yang lebih baik,” ujarnya pada CNN Indonesia. 

Manfaat Membaca Al quran, Baik Fisik Maupun Al quran Digital

manfaat baca alquran digital
Wanita buka aplikasi

Oleh karena itu, kamu tak boleh ragu jika ingin mengaji atau membaca al quran digital. Sebab membaca Al-qur’an itu banyak sekali manfaatnya. Di antaranya sebagai berikut : 

  1. Berlimpah rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT

Apa sih yang ingin dicapai umat manusia kalau tidak rahmat dan kasih sayang penciptanya? Ini bisa kamu dapatkan dengan membaca Al-quran. Bahkan dalam surat Al-Isya ayat 28 pun dituliskan bahwa “Dan Kami turunkan dari Al-Qura’n (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” 

  1. Mendapatkan Pertolongan di akhirat

Sangat diinginkan bagi seorang muslim untuk mendapatkan banyak pertolongan atau syafa’at di akhirat nanti. Karena itu, perlu sekali untuk mengumpulkan banyak amalan baik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membaca Al-quran. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” Mengapa masih ragu untuk membaca Al-quran setiap hari?

  1. Dilindungi oleh Allah dari segala penyakit hati

Dengan segala rasa yang dimiliki oleh manusia, penyakit hati sering kali tak terhindarkan. Marah, kecewa, iri dan dengki, sungguh sepatutnya dihindari oleh umat manusia. Salah satu cara agar terhindar dan dilindungi Allah dari segala penyakit hati adalah dengan membaca Al-quran. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang menjaga Al-Qur’an. Al-Qur’an itu benteng Allah; siapa yang masuk ke dalamnya akan aman. Dan berilah kabar gembira kepada siapa saja yang mencintai Al-Qur’an.”

  1. Sebagai tanda cinta untuk orang tua di hari kiamat

Ternyata, tak hanya untuk diri sendiri, umat Islam yang tekun membaca Al-quran juga memberi manfaat untuk orang tuanya. “Siapa yang membaca Al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” Sabda Rasulullah. Apakah kamu tak ingin memberikan tanda cinta seistimewa ini untuk orangtuamu?

Setelah mengetahui manfaat istimewa membaca Al-quran di atas, apakah kamu mulai tergugah untuk melakukannya setekun mungkin? Terlebih kini ada Al-quran digital di Maqmur yang bisa kamu unduh di ponsel sehingga kamu bisa membaca kitab suci dimana saja. Semoga informasi di atas menginspirasimu ya.


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.